0
Dikirim pada 28 Desember 2013 di Kesehatan

Jeruk nipis merupakan salah satu dari ribuan jenis jeruk yang paling terkenal dan paling memberikan banyak manfaat bagi manusia. Baik itu manfaat untuk kesehatan maupun manfaat untuk dunia kecantikan.

Jeruk nipis memang memiliki rasa yang lebih asam dibanding jenis jeruk lainnya. Namun, dibalik rasanya yang tidak manis tersebut tersimpan banyak khasiat.

Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan:

Baik untuk diet
Jeruk nipis adalah buah yang rendah akan kalori. Jeruk nipis hanya mengandung 43 kalori secara keseluruhan. Oleh karena itu buah ini cocok dikonsumsi sebagai menu diet bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Menyehatkan pencernaan
Kandungan flavanoids yang ada di dalam jeruk nipis mampu meningkatkan produksi empedu dan cairan pencernaan. Cairan tersebut mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu jeruk nipis juga mampu menenangkan perut Anda yang sedang menderita mual, muntah, dan diare.

Kaya akan vitamin C
Vitamin C adalah salah satu vitamin yang sangat penting diperlukan oleh tubuh. Kebutuhan vitamin C pria dewasa yang dianjurkan adalah 90 mg dan wanita dewasa adalah 75 mg setiap hari. Sementara itu kandungan vitamin C di dalam jeruk nipis minimal berjumlah 50 mg.

Kaya akan mineral
Jeruk nipis sangat kaya akan kandungan mineral. Kandungan kalium yang ada di dalam jeruk nipis sekitar 490 mg. Selain kalium, jeruk nipis juga mengandung tembaga, kalsium, besi, dan fosfor.

Dapat digunakan sebagai obat
Jangan lupa untuk selalu menyediakan jeruk nipis di rumah Anda sebab jeruk nipis dapat digunakan sebagai obat darurat untuk penyakit yang ringan. Beberapa peneliti menyebutkan bahwa jeruk nipis memiliki sifat anti virus dan anti septik.

Khasiat cantik
Air jeruk purut adalah hair tonic yang baik bagi rambut. Fungsinya adalah mencegah rambut agar tidak rontok. Kegunaan lain dari air jeruk purut adalah membersihkan gigi dan gusi demi menurunkan risiko gingivitis atau radang gusi. Beberapa lotion yang beredar di pasaran ternyata juga menggunakan jeruk purut sebagai bahan bakunya dengan kegunaan sebagai detoksifikasi tubuh. Jika punya noda di baju, air jeruk nipis ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda tersebut secara alami.



Dikirim pada 28 Desember 2013 di Kesehatan
comments powered by Disqus
Profile

Seorang blogger tapi bukan seorang penulis. Jualan produk di Internet tapi bukan seorang pedagang. Ingin membahagiakan orang tua dengan cara segera punya istri. Hehehe... More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 214.457 kali


connect with ABATASA