0
Dikirim pada 07 Maret 2012 di Batik

Artikel ini menceritakan secara singkat mengenai jenis-jenis batik yang berkembang di Indonesia yang dikategorikan berasarkan teknik pembuatan batik dan daerah asal pembuatannya. Artikel berjudul jenis-jenis batik di indonesia ini sekaligus diikutsertakan sebagai pendukung artikel kontes seo Blogger Indonesia Cinta Batik Indonesia yang diadakan oleh forum diskusi blogger pemula.

Jenis Batik Menurut Teknik Pembuatannya

Batik Tulis
Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

Batik Cap
Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

Batik Lukis
Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Jenis Batik Menurut Asal Pembuatannya

Batik Jawa
Batik Jawa adalah sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.



Dikirim pada 07 Maret 2012 di Batik
comments powered by Disqus
Profile

Seorang blogger tapi bukan seorang penulis. Jualan produk di Internet tapi bukan seorang pedagang. Ingin membahagiakan orang tua dengan cara segera punya istri. Hehehe... More About me

Page
Statistik
    Blog ini telah dikunjungi sebanyak : 230.316 kali


connect with ABATASA